Kedatangan Raja Salman, Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru Turut Siapkan Pengamanan

Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau menyiapkan skema pengamanan dengan menyiagakan dua unit pesawat tempur F16 guna mengamankan kedatangan Raja Salman bin Abdul Aziz dari Arab Saudi ke Indonesia pada 1 Maret 2017.

“Apabila terjadi sesuatu dalam perjalanan, mungkin ada pesawat tidak dikenal masuk, kita siap ‘airbone’ (terbangkan),” kata Komandan Lanud Roesmin Nurjadin, Marsekal Pertama Henri Alfiandi kepada Antara di Pekanbaru, Senin.

Danlanud mengatakan bahwa saat ini rombongan Raja Salman berada di Malaysia. Ia memperkirakan, pesawat rombongan akan mengambil rute singkat dari Malaysia menuju Indonesia.

“Perkiraan saya, mereka mengambil jalur singkat melewati Singapura, Tanjung Pinang, Pangkal Pinang, dan masuk ke Halim (Bandara Halim Perdana Kusuma),” jelasnya.

Lebih jauh, Henri menjelaskan bahwa Lanud Roesmin Nurjadin selalu menyiagakan dua F16 setiap hari. Baik itu ada tokoh penting yang melintas atau tidak.

Namun begitu, ia mengatakan untuk status pengamanan tetap menggunakan sistem siaga, baik itu siaga 1, siaga 2 maupun siaga tiga.

Henri mengatakan sejauh ini belum ada perintah langsung untuk pengamanan udara menjelang kedatangan Raja negera Teluk yang kaya akan minyak dan gas tersebut.

Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Aziz akan berkunjung ke Indonesia pada 1-9 Maret 2017. Kedatangan tersebut tergolong bersejarah, setelah kunjungan terakhir pada 1970 atau 47 tahun silam.

Raja Salman akan membawa serta rombongan yang diperkirakan berjumlah 1.500 orang. Lokasi yang akan dikunjungi diantaranya adalah Istana Bogor, Masjid Istiqlal dan berlibur di Bali. (Antara)

Baca Juga

Tempuh Jarak 70 KM dan Track Menantang, 600 Lebih Rider Ikuti Bhayangkara Bengkalis Adventure

DURI-Mengusut quote “Semangat Sportivitas dan Kebhinekaan, Sopan Di Jalan Ganas Di Hutan”, Bhayangkara Bengkalis Adventure …