Dumai Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Di Kelurahan Pinggiran

Dinas Kesehatan Kota Dumai, Provinsi Riau, terus berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan di kelurahan pinggiran dengan membangun pos pengendali dan rumah singgah bersalin untuk kemudahan bagi masyarakat setempat.

Kepala Dinas Kesehatan Dumai Faisal di Dumai, Jumat(14/4), mengatakan, perhatian pembangunan bidang kesehatan di daerah pinggiran tetap jadi prioritas pemerintah daerah, dan tidak ada perbedaan dengan kelurahan di perkotaan.

“Kita sudah membangun rumah bersalin dan pos pengendali kesehatan lengkap dengan paramedis di kelurahan pinggiran agar masyarakat mendapat pelayanan optimal,” kata Faisal.

Disebutkan, pemerintah juga melayani medis warga pinggiran dengan peralihan kepesertaan program jaminan kesehatan nasional kartu indonesia sehat dari jaminan kesehatan kota ke BPJS Kesehatan.

Khusus di daerah terletak di jalur sungai, pemerintah juga menyumbangkan ambulance terapung untuk warga membutuhkan pelayanan dan penanganan medis rujukan ke rumah sakit di perkotaan.

“Secara bertahap pemerintah akan melengkapi fasilitas kesehatan di wilayah terpencil agar taraf hidup dan kualitas kesehatan warga setempat meningkat dan terjaga,” sebutnya.

Sementara, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Dumai Adi Siswadi berharap pelayanan kesehatan perkotaan dan wilayah pinggiran tidak ada perbedaan, dan jika terdapat keterbatasan agar segera diatasi.

“Meski ada keterbatasan, namun kami yakin pemerintah pasti mempertimbangkan dan mengupayakan bagaimana supaya masalah tersebut dapat diatas dan dipenuhi segera,” kata Adi.

Terkait program JKN-KIS, Adi mengaku pendataan jumlah warga di daerah pinggir yang mendapat pelayanan kesehatan dilakukan oleh pemerintah, sehingga tidak dapat dirinci berapa tingkat jangkauannya.

“Saya kurang tahu apakah sudah semua tercover atau tidak, tapi yang dapat kis, baik apbn maupun pengalihan jamkesko tentunya berdasarkan data disiapkan pemerintah,” sebut Adi. (Antara)

Baca Juga

Tempuh Jarak 70 KM dan Track Menantang, 600 Lebih Rider Ikuti Bhayangkara Bengkalis Adventure

DURI-Mengusut quote “Semangat Sportivitas dan Kebhinekaan, Sopan Di Jalan Ganas Di Hutan”, Bhayangkara Bengkalis Adventure …