Dinkes Sosialisasikan Germas Kepada Media Di Riau

Dinas Kesehatan Provinsi Riau melakukan sosialisasi Gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) bagi awak media di wilayah tersebut guna membantu penyampaian pemahaman program pemerintah ini ke masyarakat.

“Germas perlu dipromosikan dengan bantuan awak media hingga bisa mengajak dan mengimbau masyarakat berperilaku hidup sehat dengan aktifitas olahraga, mengkonsumsi sayur dan buah serta secara rutin memeriksakan kesehatan,” kata Kepala Dinas Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir kepada puluhan awak media tv, cetak, daring, radio di Pekanbaru, Rabu(05/4).

Mimi menyebutkan Untuk mewujudkan “Germas” perlu sebuah kampanye dan sosialisasi agar tujuan yang diharapkan dapat tercapai.

“Kampanye dan sosialisasi ini dibutuhkan dukungan peran dari pihak terkait, komitmen, dan yang terpenting adalah monitoring pelaksanaan Germas,” tuturnya.

Menurut Mimi Germas adalah gerakan bersama yang memiliki beberapa tujuan mulai menurunkan beban penyakit menular dan penyakit tidak menular, baik kesakitan, kematian maupun kecacatan; menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas; menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit dan pengeluaran kesehatan.

Perbaikan lingkungan dan perubahan perilaku kearah yang lebih sehat perlu dilakukan secara sistematis dan terencana oleh semua komponen bangsa.

“Diharapkan Germas bisa meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan masyarakat untuk berperilaku sehat dalam upaya meningkatkan kualitas hidup. Sedangkan tujuan khususnya adalah meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat untuk hidup sehat, meningkatkan produktivitas masyarakat dan mengurangi beban biaya kesehatan,” tambahnya.

Mimi menambahkan sesuai Instruksi Presiden (inpres) no 1 th 2017 kegiatan utama yang dilakukan dalam rangka Germas ada tujuh yakni peningkatan aktivitas fisik, peningkatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit, peningkatan kualitas lingkungan, dan peningkatan edukasi hidup sehat.

Guna mencapai tujuan Germas secara lebih fokus dan terarah, ia menambahkan maka setiap tahun dibuat beberapa fokus kegiatan.

“Untuk 2017 fokus Germas adalah melakukan aktifitas fisik, konsumsi sayur dan buah serta memeriksa kesehatan secara berkala. Disamping fokus Germas secara nasional, juga dibuat fokus Germas secara lokal sesuai dengan kebutuhan masing-masing daerah,” tambahnya.

Mimi juga menambahkan kini semua Puskesmas di Riau melakukan pola pendataan keluarga dengan mendatangi setiap rumahtangga untuk mencatat riwayat masing-masing anggota terhadap penyakit. Seperti tb, hamil dll. Semua disajikan dalam satu form data keluarga.

“Pasien Germas memiliki hak untuk rutin memeriksakan penyakitnya ke puskesmas guna pencegahan dini” tambahnya. (Antara)

Baca Juga

Tempuh Jarak 70 KM dan Track Menantang, 600 Lebih Rider Ikuti Bhayangkara Bengkalis Adventure

DURI-Mengusut quote “Semangat Sportivitas dan Kebhinekaan, Sopan Di Jalan Ganas Di Hutan”, Bhayangkara Bengkalis Adventure …