Aliansi Ninik Mamak Anak Kemenakan Kenegerian Rumbio Geruduk Pengadilan Negeri Bangkinang.

p_20161205_114845_1_p

BANGKINANG (DK) – Aliansi Ninik Mamak dan Anak Kemenakan Masyarakat Adat Kenegerian Rumbio mendatangi gedung Pengadilan Negeri Bangkinang untuk menuntut eksekusi lahan Fiter Wongso seluas 200 Ha yang telah lama memiliki putusan hukum tetap (Inkacht) sejak tahun 2012 lalu dengan Nomor : 38/Pdt.G/20/PN. Bangkinang.

Pantauan di Lapangan, Puluhan massa aksi ini datang di Pengadilan Negeri Bangkinang pada pukul 10 pagi. Dalam orasinya, Kordinator Aksi mempertanyakan mengapa hingga saat ini lahan Ulayat Ninik Mamak di Rumbio seluas 200 Ha yang digugat oleh LSM Madani, telah dimenangkan pihak pemohon. Namun hingga kini urung dieksekusi, meski telah 4 tahun memiliki keputusan hukum tetap.
“Kami meminta kepastian kapan perintah pengadilan untuk mengeksekusi lahan yang dikuasai Fiter Wongso untuk dikembalikan ke negara sesuai peruntukan yang diatur undang-undang,” tuntut Korlap massa aksi.
Sementara itu, Ferdian Fermadi, selaku pihak yang mewakili Pengadilan Negeri Bangkinang mengaku sudah melakukan segala upaya untuk mengeksekusi lahan seluas 200 Ha. Hanya saja, Ferdi menyebut, gagalnya upaya eksekusi bukan disebabkan enggannya pihak pengadilan dalam mengeksekusi, tapi tertundanya eksekusi disebabkan pihak pemohon, dalam hal ini LSM Riau Madani mengaku tidak sanggup untuk menyediakan dana yang diperlukan untuk biaya eksekusi.
“Melalui surat, pihak pemohon (LSM Riau Madani, red) menyampaikan ke pengadilan bahwa mereka tidak sanggup mengadakan dana eksekusi,” sebut Ferdi.
Lebih lanjut Ferdi membeberkan, pada 10 Agustus 2016 yang lalu, telah ditentukan hari eksekusi oleh Ketua Pengadilan Negeri Bangkinang. Hanya saja, eksekusi gagal karena lagi-lagi pihak LSM Madani belum siap mengadakan biaya eksekusi
“Biaya eksekusi lumayan banyak. Seperti kebutuhan biaya eskavator,” sebut dia lagi.
Berdasarkan penulusuran kami, dana yang diperlukan untuk eksekusi lahan seluas 200 Ha itu sebesar 840 juta. Karena dalam rincian yang dikeluarkan oleh pihak LSM Madani, 1 Ha lahan membutuhkan 4,2 juta biaya eksekusi.[Tim)

Baca Juga

Tempuh Jarak 70 KM dan Track Menantang, 600 Lebih Rider Ikuti Bhayangkara Bengkalis Adventure

DURI-Mengusut quote “Semangat Sportivitas dan Kebhinekaan, Sopan Di Jalan Ganas Di Hutan”, Bhayangkara Bengkalis Adventure …