20 Tempat Wisata Terbaik di Pekanbaru Riau

Pekanbaru adalah Ibu Kota dan Kota terbesar di Provinsi Riau. Daerah ini merupakan kota perdagangan dan jasa, termasuk sebagai kota dengan tingkat pertumbuhan, migrasi dan urbanisasi yang tinggi.
Pekanbaru mempunyai satu bandar udara internasional, yaitu Bandar Udara Sultan Syarif Kasim II dan terminal bus antar kota dan antar provinsi Bandar Raya Payung Sekaki, serta dua pelabuhan di Sungai Siak, yaitu Pelita Pantai dan Sungai Duku. Saat ini Pekanbaru sedang berkembang pesat menjadi kota dagang yang multi-etnik, keberagaman ini telah menjadi modal sosial dalam mencapai kepentingan bersama untuk dimanfaatkan bagi kesejahteraan masyarakatnya.
Pekanbaru sendiri merupakan sebuah daerah yang mempunyai segudang tempat wisata yang sangat indah diantaranya seperti wisata alam, wisata religi serta wisata sejarah semua ada di Pekanbaru, jika anda ingin berlibur disinilah tempat yang cocok, dijamin anda tidak akan kecewa apalagi jika anda berkunjung dengan sanak saudara, pasangan maupun keluarga dijamin pasti liburan kalian akan lebih menyenangkan.
Berikut 20 daftar Tempat Wisata Terbaik di Pekanbaru yang wajib harus anda kunjungi jika anda sedang berkunjung ke Pekanbaru :
1. Sungai Kampar

Objek Wisata Sungai Kampar lokasinya berada di Desa Teluk Meranti, sebelah timur laut Pekanbaru Berselancar ternyata tidak hanya di pantai saja, di sungai juga bisa kok. Nah, untuk kamu yang hobi berselancar kamu harus cobain sensai berselancar di sungai Kampar.. Gelombang pasang surut (ombak) dikenal secara lokal sebagai “Bono”, yang bergegas dengan suara menderu keras pada kecepatan 40 kilometer per jam. Surfing di sungai bisa naik setinggi 4 sampai 6 meter. Sungai dan tepi diberitakan dihuni oleh buaya dan ular. Sementara buaya sebagian besar ditemukan di hulu, adalah bijaksana untuk berhati-hati dari predator ini ketika berselancar di sungai. Namun, ular kebanyakan tidak beracun, seperti boa dan Piton.

2.  Air Terjun Batu Dinding 

Air Terjun Batu Dinding adalah salah satu destinasi tempat wisata yang ada di kawasan Kampar Kiri, Provinsi Riau, Indonesia. Air Terjun ini memiliki nama yang sedikit unik dan pantas menjadi tujuan wisata anda ketika anda berkunjung ke Pekanbaru, Riau. Tempat Wisata Air Terjun Batu Dinding yang terdapat di Kampar Kiri ini memiliki keindahan, keunikan serta keistimewaan tersendiri karena disekitar area objek wisata air terjun batu dinding ini terdapat beberapa objek dan tempat wisata lain seperti Tempat Wisata Tugu Equator (Tugu Khatulistiwa) dan Tempat Wisata Bersejarah Istana Kerajaan Gunung Sahilan. tempat wisata ini masih terbilang perawan dan belum diekplorasi oleh pemerintah setempat sehingga di kawasan wisata air terjun batu dinding belum ada fasilitas penginapan maupun rumah makan.

3. Air Terjun Guruh Gemurai

Air Terjun Guruh Gemurai yang berlokasi di kabupaten Kuantan Singingi, Pekanbaru. Air terjun ini cukup populer di Pekanbaru. Air terjun ini memiliki dua aliran, air terjun ini memiliki suara yang bergemuruh. Bagi Anda yang berkunjung ke Pekanbaru, tentunya tidak lengkap jika Anda tidak mengunjungi tempat wisata di Pekanbaru ini. Selain air terjun, pemandangan di sekitar juga sangat menarik. Air dari air terjun guruh gemurai ini tertampung di sebuah kolam yang terdapat dibawahnnya. Di kolam inilah biasanya para wisatawan berenang dan bermain air. Di sekitar lokasi air terjun guruh gemurai juga terdapat beberapa cottage yang bisa digunakan oleh para wisatawan untuk beristirahat sembari menikmati indahnya pemandangan alam.

4. Air Terjun Aek Martua

Air Terjun Aek Martua Lokasinya berada di Desa Tangun, Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Hulu Rokan, Provinsi Riau. Nama Aek Martua sendiri diambil dari bahasa daerah salah satu suku di Riau, yakni suku Batak Mandailing, yang berarti air bertuah. Terbukti sedikit aneh, sebab bahasa yang dipakai bukanlah bahasa dari suku mayoritas di Riau yakni suku Melayu. Tetapi semua itu tak mengherankan, sebab terbukti warga yang bermukim di dekat air terjun tersebut mayoritas dari suku Batak Mandailing. Sehingga tak mengheran jika nama Aek Martua diambil memakai bahasa suku Batak Mandailing. Yang membuat air terjun ini menarik untuk kita kunjungi adalah karena terdapat tiga tingkatan. Setiap tingkatan mempunyai ukuran dan ketinggian yang berbeda-beda.

5. Danau Buatan Lembah Sari

Danau ini merupakan sebuah Danau Buatan yang kini mejadi Tempat Wisata Di Pekanbaru yang tak kalah favoritnya. Danau ini terletak di Desa Limbungan yang berjarak 10 km dari pusat kota Pekanbaru. Pada awalnya, danau ini adalah sebuah bendungan irigasi yang digunakan untuk mengalirkan air ke sawah-sawah warga sekitar. Sampai kemudian, bendungan buatan ini dijadikan salah satu tempat wisata di Pekanbaru. Dikelilingi perbukitan, tempat wisata keluarga ini cocok untuk rekreasi keluarga karena banyak pohon dan udaranya yang masih sejuk. Apabila anda ingin berkeliling di danau anda dapat menyewa perahu dayung atau sepeda air. Danau dengan luas sekitar 16 hektar ini memang memiliki panorama alam yang indah dengan pemandangan yang tersuguhkan.

6. Kebun Binatang Sang Kulim

Kebun binatang dengan luas 10 hektar ini menjadi tempat wisata di Pekanbaru yang banyak dikunjungi keluarga di akhir pekan. Kebun Wisata Sang Kulim berada di Jl. H Usman Kubang Pekanbaru. Kebun Binatang Sang Kulim memiliki banyak jenis binatang yang dapat dikenalkan pada anak-anak seperti, monyet, landak, ular, burung, dan masih banyak lagi. Selain mengamati koleksi berbagai jenis binatang, tersedia arena untuk bermain anak-anak seperti ayunan, papan seluncur, kolam pancing, dan kolam renang anak. Selain itu anda juga bisa naik gajah. Kebun Binatang Sang Kulim merupakan salah satu tempat wisata yang sering dikunjungi terutama di akhir pecan. Lahan hijau yang membentang luas bisa dimanfaatkan masyarakat untuk lesehan menggelar tikar sambil menyantap makanan bersama keluarga.

7. Dekranasda Pekanbaru

Dewan Kerajinan Nasional Daerah atau biasa disingkat dengan Dekranasda menjadi tempat wisata belanja oleh-oleh khas di Pekanbaru. Dekranasda sendiri terletak di ujung jalan Sisimangaraja, Dekranasda memasarkan produknya di beberapa lokasi strategis misalnya di Jalan Sisingamangaraja dan Jalan Durian. Di toko-toko binaan Dekranasda ini, Anda bisa membeli berbagai suvenir untuk oleh-oleh seperti kain songket, tenun, batik dan aneka kerajinan tangan dari kayu khas Melayu. Harga yang ditawarkan pun beragam mulai dari puluhan ribu sampai jutaan rupiah. Banyak sekali alternative oleh-oleh yang dapat anda pilih di sana, diantaranya adalah kain songket, tenun, batik, dan kerajinan tangan dari kayu khas Melayu. Anda bisa mendapatkan barang-barang tersebut dengan harga yang bervariasi, mulai dari puluhan ribu rupiah hingga jutaan rupiah.

8. Istana Siak Sri Indrapura

Istana Siak Sri Indrapura merupakan sebuah istana peninggalan Kesultanan Siak yang merupakan kerajaan terbesar di Riau. Lokasinya Istana Siak Sri Indrapura berada tak jauh dari Pusat Kota Pekanbaru. Istana Siak Sri Indrapura ini menjadi salah satu Tempat Wisata di Pekanbaru paling menarik untuk dikunjungi. Wisata Edukasi layaknya Museum ini menyajikan aneka jenis benda peninggalan kerajaan dari peralatan, perhiasan, hingga patung perunggu Ratu Wilhelmina dan Patung Sultan Syarif Hasyim I yang terbuat dari Batu Pualam dan Perhiasan berlian. Di lantai dasar anda dapat menikmati koleksi kerajaan seperti patung perunggu Ratu Wihelmina dan patung Sultan Syahrir Hasyim I. Di lantai ini juga terdapat Gendang tua yang memiliki usia 200 tahun lebih. Sedangkan Lantai dua Istana dulunya merupakan kamar sultan dan kamar tamu, kamar-kamar tersebut sekarang dirubah menjadi tempat koleksi senjata pusaka sultan. Terdapat juga lukisan Napoleon Bonaparte yang didatangkan asli langsung dari Perancis.

9. Perpustakaan Soeman H.S

Perpustakaan Soeman H.S Lokasinya berada di Jalan Jenderal Sudirman 462, Pekanbaru. Uniknya, bangunan perpustakaan ini berbentuk seperti rehal atau papan alas untuk membaca Al Quran. Perpustakaan Soeman H.S terdiridari enam lantai dan memiliki berbagai fasilitas pendukung mulai dari mushola, kafe, kantin, ruang pertemuan sampai auditorium. Ada juga ruangan khusus untuk literatur budaya Melayu. Perpustakaan ini disebut memiliki koleksi literatur budaya Melayu terlengkap di Indonesia. Perpustakaan ini tak hanya untuk orang dewasa. Silakan bawa anak-anak ke tempat wisata edukasi ini. Di sini, ada Children Library dan Kids Corner yang sangat memanjakan anak-anak. Tak perlu memiliki kartu keanggotaan untuk bisa membaca koleksi buku di sini. Anda bebas membaca buku di sofa atau lesehan, ruang baca sangat nyaman karena dilengkapi dengan AC dan akses internet gratis.

10. Museum Sang Nila Utama

Museum Sang Nila Utama Lokasinya berada di di Jl. Jendral Sudirman Pekanbaru. Di museum ini tersimpan berbagai aneka koleksi benda-benda sen dan budaya seperti pakaian adat, permainan rakyat seperti alat-alat musik dari berbagai daerah di Riau, gasing, dan benda-benda bersejarah provinsi Riau yang lainnya. Tidak jauh dari dari museum Sang Nila Utama ini terdapat satu bangunan khas dengan arsitektur melayu yang kental yaitu Gedung Taman Budaya Riau, dimana gedung ini digunakan sebagai tempat untuk pagelaran berbagai kegiatan budaya dan seni melayu Riau, dan kegiatan-kegiatan lainnya.

11. Pasar Bawah

Pasar Bawah saat ini telah menjadi salah satu tempat wisata di Pekanbaru yang wajib dikunjungi setiap wisatawan yang datang. Pasar ini menjadi ikonnya kota Pekanbaru Terletak di tepi Sungai Siak dan dekat dengan pelabuhan, yang membuat pasar ini mudah untuk diakses. Anda bisa menemukan aneka keramik dari Cina, karpet dari Timur Tengah dan barang-barang elektronik secondhand dari luar negeri seperti Singapura dan Malaysia yang masih layak pakai. Anda juga bisa menemukan beragam camilan khas Pekanbaru seperti lempuk durian, ikan salai, dodol kedondong bahkan cokelat dan permen dari negeri tetangga. Perpaduan arsitektur budaya Tionghoa dan Melayu menjadi alasan kuat mengapa pasar ini menjadi bagian dari tempat wisata di Pekanbaru. Pasar Bawah di bangun lebih representative sehingga Wisatawan lebih nyaman ketika berkunjung.

12. Anjungan Seni Idrus Tintin

Anjungan Seni Idrus Tintin ini berdiri megah di sebuah Arena Purna MTQ yang sekarang namanya berubah menjadi kompleks Bandar serai Jalan Sudirman kota  Pekanbaru dan merupakan salah satu wonder building di kota Pekanbaru. Dengan memiliki ciri khas bangunan melayu Riau, Anjungan Seni Idrus Tintin ini tampak lebih mirip dengan Istana dari pada sebuah tempat pertunjukan seni. Dengan memiliki ketinggian yang setara dengan gedung tiga lantai bangunan ini berdiri menjulang tinggi dengan mempunyai nilai estetika mengagumkan. jika Anda memiliki kesempatan untuk dapat masuk ke dalamnya Anda akan bisa melihat terawangan yang begitu tinggi mengarah ke langit-langit gedung ini. Gedung seni ini terdiri dari tiga lantai yang interior dalam ruangannya pun tak kalah menarik dari eksteriornya. Obyek wisata yang sempat menjadi tempat diadakannya perhelatan seni Indonesia, Festival Film Indonesia di tahun 2008 ini menjadi sebuah ikon seni Pekanbaru di mana pengunjung biasa berfoto atau duduk-duduk santai di sekitarnya.

13. Taman Putri Kaca Mayang

Taman Ria Putri Kaca Mayang berlokasi di Jl. Jendral Sudirman Pekanbaru tepatnya berada didepan Kantor Walikota Kota Pekanbaru. Taman Puteri Kaca Mayang ini merupakan tempat rekreasi keluarga yang berada di jantung Kota Pekanbaru,sehingga mudah dicapai dengan transportasi umum yang ada.Bagi anak-anak arena ini cukup menarik perhatian karena di tempat ini mereka dapat menggunakan berbagai fasilitas hiburan yang tersedia seperti kolam renang, komedi putar, bombom car dan masih banyak lagi permainan lainnya yang tentunya menyenangkan dan mengasyikkan. Pada hari libur tempat ini selalu dipadati pengunjung yang datang baik dari Kota Pekanbaru sendiri maupun dari luar daerah.

14. Wisata Desa Okura

Pemerintah kota Pekanbaru menjadikan sebuah desa sebagai desa wisata yang menarik untuk kita kunjungi, namanya desa Okura. Sebenarnya Okura merupakan kelurahan, namun agar lebih menarik dan mudah, disebut saja sebagai desa Wisata okura. Kelurahan Okura berada di pinggiran yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Siak dan Kabupaten Pelalawan, Riau, memiliki kawasan agrowisata dengan aneka tumbuhan produktif. Selain itu, di Kelurahan Okura juga terdapat aliran Sungai Siak yang dapat dijadikan sebagai obyek memancing bagi pelancong atau warga pada akhir pekan. Pihak Pemkot Pekanbaru telah melakukan penataan di Okura seperti jalan masuk, areal perkampungan penduduk dan jembatan yang menghubungan Okura dengan Kabupaten Siak.

15. Taman Hutan Raya Sultan Syarif Kasim

Taman Hutan Raya Sultan Syarif Kasim. Taman ini selalu ramai dikunjungi pada akhir pekan. Tempatnya yang sejuk dan udara yang segar sangat cocok untuk anda yang ingin mendapatkan suasana hati yang tenang. Lokasi taman ini berada sekitar 23 km dari pusat Kota Pekanbaru ini Sekilas, jalan lurus menurun terlihat sepi, namun, menyeruak ke dalam, ada ribuan orang sedang menikmati suasananya yang tenang dan tenteram. Ada banyak wahana yang bisa kita mainkan disini. tempat rekreasi bagi anak muda yang ingin bersantai-santai dan mencari udara sejuk yang dibalik rerimbunan dan pepohonan yang seakan membuat hati orang lain menjadi sejuk.

16. Wisata Budaya di Balai Adat Riau

Wisata Budaya di Balai Adat Riau berlokasi dijalan diponegoro dan menjadi tujuan wisata pilihan yang kebanyakan turis singgahi. bangunan balai adatnya menerapkan arsitektur khas melayu dengan banyak perpaduan warna dan corak yang melekat, terdiri atas 2 lantai yang dimana pada lantai 2 terdapat pasal dari gurindam 12 karya raja Ali Haji. Bangunan tersebut sering digunakan sebagai media pertunjukkan seni adat Riau. Balai Adat Riau juga bisa dijadikan tujuan wisata karena anda akan mendapatkan ciri khas dari adat melayu Riau.  Arsitekturnya yang khas melambangkan kebesaran budaya Melayu Riau.

17. Masjid Agung An Nur

Masjid megah ini memadukan arsitektur gaya Melayu, Arab, Turki dan India. Masjid Agung An Nur disebut sebagai Taj Mahal-nya Pekanbaru. Bangunan utamanya yang berukuran simetris 50 x 50 meter dengan sebuah kolam besar dan air mancur tepat di depannya membuat masjid ini mirip dengan Taj Mahal di India. Masjid terdiri dari 3 lantai dengan dominasi warna hijau ini mampu menampung sebanyak 4.500 orang jamaah. Masjid Agung An Nur memiliki 5 buah kubah dan empat menara. Pada malam hari, masjid tampak sangat cantik dengan cahaya lampu warna-warni yang memantul di kolamnya. Yang menarik adalah adanya fasilitas free WiFi di sini. Selain menjadi rumah ibadah, masjid ini juga menjadi salah satu tempat wisata di Pekanbaru yang banyak dikunjungi. Pada bulan ramadhan, kawasan masjid akan dijadikan lokasi ngabuburit dan dipenuhi pedagang makanan dan pakaian. Sambil menunggu waktu berbuka, Anda bisa belanja berbagai kuliner dan aksesoris seperti kopiah, tasbih, parfum dan masih banyak lagi.

18. Masjid Senapelan

Masjid Senapelan merupakan peninggalan kesultanan Siak masa lalu. Masjid ini masih terkelola dengan baik. Masjid ini juga memiliki nama Masjid Raya Pekanbaru, dibangun pada tahun 1762 dan merupakan salah satu masjid tertua di Riau. Pada awal dibangun, masjid ini berukuran kecil dan terbuat dari kayu. Saat ini, Anda bisa melihatnya sebagai sebuah masjid megah didominasi warna kuning khas Melayu dan berkubah besar. Setelah direnovasi, ukuran masjid saat ini mencapai 60 x 80 meter. Dahulu, di masjid ini terdapat sebuah sumur tua yangairnya dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Konon, sumur ini sampai terdengar ke negeri tetangga dan membuat wisatawan dari Singapura, Brunei Darussalam dan Malaysia datang untuk membuktikannya. Sekarang sumur telah ditutup karena beberapa alasan.

19. Taman Rekreasi Alam Mayang

Taman rekreasi alam mayang merupakan tempat wisata alam di Pekanbaru yang selalu ramai saat akhir pekan tiba. Taman Rekreasi Alam Mayang ini lokasinya berada di Jl. H. Imam Munandar, Kecamatan Bukit Raya, kurang lebih jaraknya sekitar 8 dari pusat kota Pekanbaru Dengan konsep berwisata di alam terbuka membuat taman ini sangat asyik dijadikan teman rekreasi bersama keluarga saat akhir pekan tiba. Tempat wisata ini menawarkan wahana rekreasi keluarga di alam terbuka. Taman Rekreasi Alam Mayang dikelilingi oleh perbukitan, udara sekitarnya sejuk sehingga cocok digunakan untuk bersantai bersama keluarga. Dari sini, Anda juga bisa melihat Jembatan Leighton yang melintasi Sungai Siak. Di sini, terdapat tiga buah kolam pancing yang bisa digunakan untuk memuaskan kegemaran memancing Anda. Selain itu juga ada flying fox, outbond, sepeda air dan bola air raksasa.

20. Riau Fantasi

Riau Fantasi adalah taman rekreasi terbesar dan terlengkap di Sumatera. Riau Fantasi terletak di Jalan Labersa atau seitar 45 menit dari pusat kota Pekanbaru, tempat wisata yang dikenal juga dengan nama Labersa Water and Theme Park ini memiliki luas sekitar 6,5 hektar. Sesuai namanya, tempat wisata di Pekanbaru ini dibagi menjadi wahana basah dan wahana kering dan terdapat juga beberapa jenis kolam dan papan seluncur air, seperti Advanture Pool. Di zona basah ada beberapa jenis kolam dan papan seluncur air, misalnya saja Adventure Pool. Di kolam ini terdapat beberapa menara yang dihubungkan dengan jembatan goyang. Ada juga sebuah ember raksasa menggantung yang mampu menampung 3.000 liter air dan siap mengguyur anda saat telah terisi penuh. Sementara di area zona kering terdapat berbagai permainan yang menguji adrenalin seperti Kora-kora, Sky tower, Wave blaster, Speedy coaster dan Family swinger dll. Riau fantasi ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit anak-anak dan keluarga untuk menghabiskan waktu liburna mereka.
Sumber : anekalokasiwisata.com

Baca Juga

Tempuh Jarak 70 KM dan Track Menantang, 600 Lebih Rider Ikuti Bhayangkara Bengkalis Adventure

DURI-Mengusut quote “Semangat Sportivitas dan Kebhinekaan, Sopan Di Jalan Ganas Di Hutan”, Bhayangkara Bengkalis Adventure …